Panduan Penggunaan Aplikasi UAMBN-BK Operator Madrasah
2/19/2018
Tambah Komentar
Panduan Penggunaan OPERATOR MADRASAH
UAMBNBK (Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer)
Aplikasi UAMBNBK (Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer ) adalah sistem pelaksanaan Ujian Akhir bagi Madrasah dengan menggunakan media komputer, dan diselenggarakan oleh Kementerian Agama , Direktorat Jenderal Pendidikan Islam
Aplikasi UAMBNBK (Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer ) adalah sistem pelaksanaan Ujian Akhir bagi Madrasah dengan menggunakan media komputer, dan diselenggarakan oleh Kementerian Agama , Direktorat Jenderal Pendidikan Islam
A.TAHAP ISNTALL APLIKASI
Langkah instalasi, pertama masukan CD/ flashdisk yang didalam nya sudah terdapat installer aplikasi UAMBNBK pada PC/Laptop. Setelah file installer yang terdapat pada CD/ flashdisk tersebut sudah terbuka, maka terdapat 5 file :
BACA JUGA
B. TAHAP PERTAMA
Buka file “README-DULU.txt” untuk mengetahui username dan password login pertama kali
C. TAHAP KEDUA
Install aplikasi utama yaitu file “UAMBK.v1.0 -SetUp.exe”double klik pada file aplikasi tersebut.
Selanjutnya, akan tampil halaman user information yaitu isi User Name Organization,dan serial number. Serial number sudah terda pat pada file “serial_number.txt”.
Pilih lokasi penempatan data installer aplikasi UAMBNBK, klik “Next” untuk melanjutkan.
Centang kolom kotak create a desktop shortcut untuk membuat shortcut pada desktop. Lalu klik next
Setalah itu klik install, maka aplikasi UAMBNBK sudah siap diinstall
Centang kolom launch UAMBNBK dan klik finish untuk memulai aplikasi UAMBNBK.
Maka setelah di klik tombol finish akan muncul tampilan seperti berikut ini :
Perlu di perhatikan aplikasi yang utama tadi merupakan aplikasi yang di install di computer server atau proktor pihak madrasah.
Jika status sever tombol “Start” sudah tidak bisa di klik itu berarti server sudah jalan dan siap di gunakan , kemudian sebaliknya jika status server tombol “Stop” tidak bisa di klik itu berarti server keadaan mati
D. TAHAP KE TIGA
Install file aplikasi “UAMBK.v1.0.Client.exe” aplikasi ini adalah di tunjukan Link untuk Siswa UAMBK Offline (asumsi IP yang dipakai sama dengan IP UAMBK Madrasah, 192.168.0.200 ) install apli kasi tersebut pada komputer siswa. Double klik pada file tersebut. Maka akan langsung tampil halaman berikut ini dengan IP harus di samakan dengan IP UAMBK Madrasah. Berikut tampilan gambar di bawah ini.
PANDUAN PENGGUNAAN APLIKASI UAMBNBK PROKTOR MADRASAH
1.PANDUAN MADRASAH
Operator Pihak Madrasah merupakan “command center” yang mengatur data-data madrasah, data siswa yang mengikuti ujian, sinkronisasi dan kontrol ujian, berita acara, live score maupun pedoman scoring Untuk membuka aplikasi UAMBNBK terlebih dahulu pastikan anda terhubung dengan jaringan internet dan mempunyai aplikasi browser (seperti Mozilla Firefox atau Google Chrome ) pada PC anda.1.1.Browser
Langkah pertama anda harus membuka browser untuk memulai aplikasi ini anda bisa membukanya, melalui Google Chrome/Mozila Firefox gambar dibawah ini, (disaranakanb
menggunakan Google Chrome) :
Berikut ini gambar/logo dari Browser (Google Chrome dan Mozila Firefox) :
1.2. Beranda Aplikasi
UAMBNBK Setelah memasukan alamat akan muncul tampilan Beranda Aplikasi UAMBNBK, halaman dibawah ini bagian Homepage dari Aplikasi UAMBNBK, berikut dibawah ini adalah tampilannya apabila Anda telah berhasil masuk ke halaman LOGIN UAMBNBK. Tampilan yang akan tampak dari berbagai Browser pada dasarnya sama, tetapi setelah masuk ke dalam aplikasi akan tampak berbeda.1.3.Login Operator Pada Aplikasi
UAMBNBKHak akses Pihak Madrasah adalah sebagai Operator Madrasah, karena hak dan otoritas nya adalah untuk mengatur data dan lalulintas pemakaian aplikasi UAMBNBK di ingkat madrasah-madrasah. Sebagai Proktor pihak madrasah berikut adalah langkah untuk mengakses halaman madrasah guna untuk menginput data aplikasi UAMBNBK. Untuk mengakses halaman pihak madrasah tersebut pengguna melakukan login username dan password. Pada halaman yang harus dilakukan adalah memasukan username dan Password Pihak Madrasah lalu klik SIGN IN :
2.MENU BERANDA
Setelah memasukan alamat akan muncul tampilan Beranda Aplikasi UAMBNBK, halaman dibawah ini bagian Homepage dari Aplikasi UAMBNBK, berikut dibawah ini adalah ampilannya apabila Anda telah berhasil masuk ke halaman LOGIN UAMBNBK. Tampilan yang akan tampak dari berbagai Browser pada dasarnya sama, tetapi setelah masuk ke dalam aplikasi akan tampak berbeda.
Halaman beranda ini memuat panduan atau Pedoman Pengunaan Aplikasi UAMBNBK versi 1.0 bagi Pihak Madrasah. Ada 3 langkah penggunaan aplikasi ini yang pertama adalah mengisi Data Dasar yang meliputi nama kepala sekolah, ruang ujian, upload data siswa serta ruang per siswa.
Langkah 1 –Mengisi Data Dasar
Detail petunjuk pengisian dapat diliat dengan memilih/menyorot peritem seperti contoh berikut adalah memilih “isi nama kepala sekolah” maka akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.
Langkah 1 –Mengisi Data Dasar
Detail petunjuk pengisian dapat diliat dengan memilih/menyorot peritem seperti contoh berikut adalah memilih “isi nama kepala sekolah” maka akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.
Langkah 2 –Sinkronisasi Data
Detail petunjuk pengisian pada langkah 2 ini dapat diliat dengan memilih/menyorot per item seperti contoh berikut adalah memilih “sinkronisasi penjadwalan” maka akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini
Detail petunjuk pengisian pada langkah 2 ini dapat diliat dengan memilih/menyorot per item seperti contoh berikut adalah memilih “sinkronisasi penjadwalan” maka akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini
Langkah 3 –Pelaksanaan Ujian
Detail petunjuk pelaksanaan pada langkah 3 ini dapat diliat dengan memilih/menyorot per item seperti contoh berikut adalah memilih “kartu ujian, kontrol ujian, dan berita cara dan absensi” maka akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini
3. MENU MADRASAH
Menu Madrasah adalah menu yang bertujuan untuk manajemen data madrasah yang diikut sertakan dalam proses ujian berbasis komputer. Menu tersebut terdiri dari Data Madrasah, Data Penjurusan. Masing-masing dari data dalam sub-menu tersebut memil iki fungsi yang berbeda-beda.3.1.Data Madrasah
Menu ini berfungsi untuk merubah data madrasah. Berikut tampilan halaman di bawah ini.
1) Pilihan dropdwon, pilih dropdown data dengan sesuai dan benar
2) Pilih kelurahan3) Kemudian pilih Status madrasah
4) Isi deskripsi/keterangan dari data madrasah tersebut
5) Selanjutnya isi Nama Kepala Sekolah dan NIP
6) Unggah Dokumen/Photo
7) Selanjutnya klik Simpan untuk menyimpan data yang di rubah
3.2.Data Ruang Madrasah
Bagian ini secara manual diisi oleh pihak madrasah. Karena yang menentukan ruang mana saja yang dipergunakan sebagai ruang ujian. Data yang diinput dalam halaman ini hanya data ruangan sekolah yang akan dipergunakan dalam ujian.- Tampilan daftar ruangan yang dipakai ujian
- Pada tabel aksi terdapat dua tombol yaitu tombol pensil berfungsi untuk mengedit data ruang madrasah yang sudah di input dan tombol tong sampah berfungsi untuk
menghapus data ruang madrasah - Klik Tambah Baru untuk menambahkan data ruang sekolah baru
Setelah klik Tambah Baru maka akan muncul Form Data Ruang Madrasah,
Untuk proses edit Data Ruang Sekolah maka tampilan halamannya adalah seperti berikut ini.
4.SISWA
Proses selanjutnya adalah menu SISWA, yang terdiri dari beberapa sub-menu yaitu Data Siswa, Upload Data Siswa, Penentuan Ruang, Pemaketan & Penjadwalan. Berikut terlampir keterangannya:4.1.Data SISWA
Data siswa akan didaftarkan berdasarkan data yang bersumber dari EMIS, data tersebut akan diinput oleh Pihak Madrasah dengan dua cara yaitu dengan manual di menu data siswa kemudian klik tombol “Tambah Baru” kemudian cara selanjutnya dengan terlebih dahulu mendownload format data Siswa dengan format .xlsx (Microsoft Excel 2010). Untuk mendapat data tersebut Pihak Madrasah dapat bekerjasama dengan Operator EMIS untuk mendapat data Siswa per-Madrasah dengan format Excel.
1.Pilihan dropdown, pilih data dengan sesuai dan benar untuk menampilkan data sesuai yang di filter
2.Klik tambah baru untuk menambahkan data siswa baru3.Klik Cetak Kartu berfungsi untuk mencetak kartu data siswa yang mengikuti ujian
Pada halaman ini terlampir form tambah data siswa madrasah, yaitu dengan memilih dropdown data dengan sesuai dan benar, dan megisi form yang telah disediakan
4.2. Upload Data Siswa
Upload data siswa dapat dilakukan dengan upload data dari form yang sudah disediakan aplikasi dalam format excel. Jika semua form data di atas sudah di isi, kemudian klik tombol “Tambah Baru”
Unduh terlebih dahulu format yang sudah di sediakan , kemudian isi form pilihan dropdown upload data siswa dengan sesuai dan benar, selanjutnya upload kembali format siswa yang di unduh tadi yang sudah di isi data siswa. Kemudian klik Simpan untuk menyimpan tambah data siswa yang akan di tambahkan.
4.3. Penentuan Ruang
4.4. Pemaketan dan Penjadwalan
Pada halaman ini dapat dilihat paket serta jadwal ujian berdasarkan mata pelajaran yang diujikan. Kemudian akan tampil halaman berikut ini sesuai filter dan pilihan data berikut ini.
1. Daftar siswa yang mengikuti ujian
2. Pilih jadwal ujian sesuai dengan jadwal yang telah di tentukan3. Daftar ruangan ujian siswa
4. Daftar paket soal ujian
5. Detail data siswa, data madrasah dan ujian yang diikuti siswa
6. Kemudian tombol Generate berfungsi untuk membuat jadwal yang sudah di tetapkan, sesuai ketentuan yang sudah di pilih sebelumnya
5.MENU SINKRONISASI
Sinkronisasi adalah Akses secara bersama sama untuk berbagi atau bersama yang dapat mengakibatkan inkosistensi data. Pemeliharaan konsistensi data memerlukan mekanisme untuk emastikan eksekusi dari proses kerjasama Sinkronisasi merupakan suatu proses pengaturan jalannya beberapa proses pada waktu yang bersamaan untuk menyamakan waktu dan data supaya tidak terjadi inkonsitensi (ketidak konsistenan) data akibat adanya akses data secara konkuren agar hasilnya bagus dan sesuai dengan apa yang diharapkan. Disini sinkronisasi diperlukan agar data tersebut tetap konsisten.
5.1. Sinkronisasi Penjadwalan
dalam halaman ini kita dapat melakukan sinkronisasi berdasarkan tahun dan jadwal ujian seperti ujian nasional, ujian tengah semester, ujian akhir semester, try out dan lainnya
5.2. Kirim Data Siswa ke Pusat
dalam halaman ini kita dapat melakukan pengiriman data siswa berdasarkan tahun ujian. Gambar diatas menunjukkan belum ada Data Siswa sehingga secara otomatis aplikasi tidak akan menampilkannya.
5.3. Sinkronisasi Bank Soal
dalam halaman ini kita dapat melakukan sinkronisasi berdasarkan tahun dan jenis ujian
6. MENU PROKTOR
Halaman ini merupakan “command center” atau pusat dari aplikasi dimana pada halaman ini didapati kontrol ujian, berita acara, live score maupun pedoman scoring6.1. Kontrol Ujian
Menu ini berfungsi untuk mengontrol Pelaksanaan Ujian. Berikut tampilan halaman di bawah ini.
Kontrol Pelaksanaan ujian dapat dilihat dengan memilih kategori (dalam dropdown menu) untuk detail keterangan dengan memilih tanda + (plus) pada table control pada kolom Nomor. Klik status ujian untuk mengontrol jadwal ujian, makaakan tampil halaman seperti di bawah ini.
Dari menu ini Kontrol Pelaksanaan ujian di lakukan jika jadwal ujian belum memasuki waktu ujian klik tombol “BELUM” kemudian jika jadwal ujian sudah memasuki waktu ujian klik tombol “MULAI” dan jika waktu jadwal ujian telah selesai sesuai waktu yang telah di tentukan klik tombol”BERHENTI” maka otomatis pelaksanaan ujian di halaman siswa akan berhenti.
6.2. Berita Acara dan Absensi
Menu berita acara memuat pilihan yang sudah disajikan dalam menu (dropdown) seperti pilihan Ruangan, jurusan, sekolah, gender, dan lainnya. Setelah itu maka akan tampil monitoring kontrol daftar siswa yang mengikuti ujian.6.3. Pedoman Penskoran
Halaman ini merupakan hasil dari ujian yang dilaksanakan, tampilan berupa tabel pembobotan score dan skor akhir, untuk proses pencetakan dilakukan dengan memilih tombol cetak pada kanan atas aplikasi
7. MENU SILABUS
7.1.Pemetaan SKKD
Menu ini adalah untuk menentukan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar berdasarkan tingkat sekolah.
8. MANAJEMEN USER
Menu Manajemen User, menu ini menyediakan fasilitas untuk Mengelola Data Pengguna, seperti merubah nama pengguna, merubah username dan merubah password. Berikut tampilan gambar di bawah ini.
- Tampilan halaman Personal Info Pada tampilan ini pengguna bisa merubah Nama Lengkap pengguna, Perkerjaan, Nomor Telpon atau HP, tentang pengguna, email dan website pengguna
- Tampilan menu selanjutnya berfungsi untuk menambahkan Upload Dokumen atau Photo
- Menu untuk ubah Password
- Selanjutnya untuk merubah password baru isi form yang sudah di sediakan tersebut
- Kemudian klik Simpan untuk menyimpan perubahan data pengguna tersebut
Belum ada Komentar untuk "Panduan Penggunaan Aplikasi UAMBN-BK Operator Madrasah"
Posting Komentar
Berikanlah Komentar Buat Kami yang Terbaik, Jangan Lupa Bantu Kami Sher Artikel Artikel yang ada di kurikulumpendidikan.net
Terimakasih, Sukses Buat Bapak Ibu Guruku Tercinta