Permasalahan dan Solusi UNBK Puspendik – Balitbang Kemendikbud 2018
3/08/2018
Tambah Komentar
Permasalahan dan Solusi UNBK Puspendik – Balitbang Kemendikbud 2018
Penyebab :
- Adapter setting ke jaringan lokal belom diberikan IP dengan segmen 0
- Waiting VHD Services Ready disebebakan Karena salahnya pengaturan di VM untuk Adapter1.
- VM tidak berhasil dijalankan
1. Masuk ke pengaturan Network And Connection Hosts Server
2. Pada Adapter NIC yang terhubung client klik kanan -> Properties
3. Double klik “Internet Protocol Version 4”
4. Setting IP dengan Segment 0.xxx
Penanganan 2 :
Cek kembali pengaturan Network di VirtualBox, apakah sudah benar bridged yang tertuju ke arah client.
Penanganan 3 :
Remove aplikasi yang berjalan di port 80
Penanganan 4:
Restart VM dan biarkan UNBK Starter dalam keadaan menyala
Penanganan 5 :
Restart Server lalu coba jalankan kembali UNBK Starter dan VM
* MASALAH VHD CAN NOT RUN
Penyebab :1. Tidak di temukannya Browser Google Chrome
2. Tidak di temukannya Aplikasi Oracle VirtualBox
1. Penanganan :
1. Klik kanan pada google chrome, pilih properties
2. Copy kan URL Chrome.
3. Buka aplikasi CBTSync Admin, klik Setting
4. Pastekan di dalam Browser Url tanpa tanda ( “ )
2. Penanganan :
1. Klik setting pada ExambrowAdmin.
2. Klik Browse pada VboxManage Path.
3. Cari installasi VirtualBox C:\Program Files\Oracle\VirtualBox
4. Klik Ok dan Save.
* An Eror occurred during virtual machine excuation !
Penyebab :1. Resouce memory yang ada di Virtual melewati batas maksimum.
2. Terlalu banyaknya aplikasi yang berjalan.
Penanganan :
Kurangi pemakaian memory pada VirtualBox.
Hapus aplikasi yang sedang berjalan sekiranya tidak terlalu penting
* Error/Tidak berhasil masuk CBTSync
Permasalahan : Error/Tidak berhasil masuk CBTSync
Penanganan (Membuat koneksi starter titik-titik “….”):
- Cek Adpater 1 di VirtualBox, pastikan sudah terhubung
- Pastikan mendapatkan IP 0.200 pada Adapter 1
- Tutup Aplikasi CBT Tools kemudian Buka kembali
- Cek IP pada LAN yang tertuju ke Client
* Masalahg Cannot Create The Machine
Penyebab:Saat membuat virtual mesin terdapat error “cannot create the machine”. Hal tersebut terjadi karena terdapat nama yang sama yang sudah pernah dibuat sebelumnya.
Penanganan:
Membuat virtual mesin baru dengan nama yang tidak pernah digunakan sebelumnya.
Penyebab:
Saat membuat virtual mesin terdapat error “cannot create the machine”. Hal tersebut terjadi karena sudah ada Virtual yang pernah dibuat sebelumnya.
Penanganan :
Klik OK, lalu proktor merubah menghapus Virtual yang sebelumnya dan membuat Virtual baru dengan nama yang berbeda.
* Masalah Inaccessible di mesin virtual
Penyebab:Terjadi Inaccessible di mesin virtual, hal ini terjadi karena VHD tidak dapat ditemukan dilokasi VHD berada.
Penanganan:
Extrak ulang VHD baru dan tempatkan dimana file VHD berada saat pertama kali membuat mesin.
* Masalah “Failed to open the internal network”.
Penyebab:“Failed to open the internal network”. Hal ini terjadi karena driver jaringan berubah / driver jaringan dihapus / LAN card dirubah / adapter network di disable, sehingga setting adapter di dalam virtual mesin ikut berubah.
Penanganan:
- Masuk ke menu adapter setting di dalam host server, pastikan adapter setting sudah dalam keadaan enable dan terhubung ke klien
- Klik tombol setting di virtual mesin
- Klik tab Network, lalu masuk ke adapter 2
- Pilih adapter yang menuju ke klien lalu klik OK
- Jalankan kembali virtual mesin
*Masalah "virtual machine inaccesible"
Penyebab:
“virtual machine inaccesible”. Hal ini terjadi Karena file .vbox yang ada di VirtualBox VMs hilang / berubah extension. Di karenakan komputer / PC mati paksa.
Penanganan:
- Buka folder VirtualBox VMs yang ada di C:\Users\( Nama PC )\VirtualBox VMs\( Nama VM yang bermasalah )
- Rubah file Extension yang VBOX-PREV menjadi VBOX.
Contoh :
SIMULASI 2017.vbox-prev -> SIMULAS 2017.vbox
Keterangan : SIMULASI 2017 adalah Nama VM yang di buat.
* Masalah Name and Operating System tidak Tampil
Penyebab:Tidak ada pilihan untuk windows 64bit saat membuat virtual mesin.
Penanganan 1:
Pastikan menggunakan operating system 64 bit di server. Bit di Operating System bisa dicek melalui “dxdiag” atau klik kanan properties di “my computer”.
Penanganan 2:
Mengaktifkan fitur Virtualization / VTD / Virtualization Technology di BIOS server host.
* Masalah Eroro System OS
Penyebab:Terjadi error saat proses booting virtual mesin. Hal ini terjadi karena saat pembuatan virtual mesin, menggunakan sistem windows 32 bit.
Penanganan:
- Close virtual mesin dengan klik tombol “Machine -> ACPI Shutdown”.
- Klik kanan di virtual mesin yang tadi dibuat, lalu klik button Remove dan Remove Only
- Membuat virtual mesin kembali dengan mengklik tombol “New”
- Operator menginput nama virtual mesin (catatan: Nama virtual mesin harus berbeda dengan sebelumnya)
- Pada kolom Type pilih Microsoft Windows
- Pada kolom Version pilih Windows 2012 (64Bit)
- Lalu lanjutkan seperti yang tertera di panduan
Keterangan : jika tidak ada pilihan untuk 64bit, operator unbk melakukan restart server dan masuk ke dalam sistem BIOS. Aktifkan fitur Virtualization VTD / Virtual Techcnology
* Masalah VHD ini telah mengalami proses sutdown tidak Normal
Penyebab :
Driver NIC yang ada di host OutDate.
Penanganan :
Update Driver NIC dengan yang terbaru.
* Masalah Gagal Pacing VHD
Penyebab :
Patching Gagal
Penanganan
- Tutup browser
- Buka kembali cbtsync.
- Jika ada pop up pembaharuan kembali langsung klik Pembaharuan, jika tidak ada langsung klik submit untuk login
- Jika setelah patching mengalami error”sistem sedang bermasalah” silakan cek panduan troubleshooting halaman sistem sedang bermasalah
* Masalah Tidak Ada IP Di Komputer Ini
Penyebab :Error tersebut dikarenakan client belum diberikan IP Address
Penanganan :
Masuk ke menu pengaturan adapter di host. Berikan IP Client dengan segment 192.168.0.xxx
* Masalah Registrasi IP Tidak Berhasil
Penyebab 1 :Exambrowser yang digunakan masih versi lama, seharusnya versi 16.1030
Penyebab 2 :
VM Server belum berjalan
Penyebab 3 :
Salah setting adapter di VM yang seharusnya bridged ke NIC Client
Penyebab 4 : Kabel bermasalah sehingga VM dan client tidak terhubung. Lakukan ping dari server VM ke IP Client untuk melakukan pengecekan.
* Masalah Aplikasi Brouser tidak di temukan
Penyebab :Terdapat salah setting di dalam exambrowser
Penanganan :
1. Buka Exambro, Klik tombol Settings, Lalu masukan password 12345
2. Rubah kolom “Browser File Name” dikarenakan terjadi perbedaan dengan path browser di client.
* Masalah PC Anda Belum Terdaftar
Penyebab :Membuka link UNBK tidak menggunakan aplikasi Exambrowser
Penanganan :
Jalankan exambrowser untuk melaksanakan ujian
Masalah " Maaf tidak ada Tes yang Valid"
Penyebab:Belum ada daftar tes yang dipiilih
Siswa sudah selesai mengerjakan ujian
Penanganan 1:
- Masuk ke menu Status tes, pilih daftar tes yang sesuai dengan jadwal
- Klik tombol simpan, lalu klik ok
- Login kembali di komputer klien
Penanganan 2:
Siswa tidak akan bisa mengerjakan ujian kembali karna hanya bisa 1x ujian
Masalah "Server Pusat tidak Di Aktifkan"
Penanganan 1:Pastikan bahwa host server sudah terkoneksi ke internet dengan cara ping www.ubk.kemdikbud.go.id
Jika mendapat pesan request time out, silakan untuk mengecek status jaringan dan juga modem internet
Penanganan 2:
Cek ping dari host server ke 192.168.0.200 melalui command prompt (cmd), jika mendapat pesan request time out. Pastikan kembali bahwa adapter 1 di virtual mesin sudah terhubung ke jaringan lokal, dan adapter 2 ter-setting NAT.
Penanganan 3:
Pastikan tidak ada IP konflik dengan ip 192.168.0.200 dengan mengecek kembali IP di semua adapter di host server(Virtualbox host only, wifi, ethernet) dan IP komputer klien.
Penanganan 4:
Pastikan jika menggunakan router, tidak terdapat halaman login untuk bisa internet
Penanganan 5:
Ubah settingan adapter 2 di vm yang tadinya NAT menjadi Bridge ke jaringan internet
Penanganan 6:
Jika koneksi internet tidak ada masalah, tetapi CBTSync masih memunculkan error tidak terhubung dengan internet, silahkan telepon posko UNBK.
* Masalah Server VM tidak Memadai
Penanganan :Naikan RAM di dalam settingan VM
* Masalah Broser anda tidak memiliki Akses
Penanganan :- Tutup lalu buka kembali browser
- Cek adapter di VM, pastikan mendapatkan IP 192.168.0.200.
- Pisahkan jika ada server laen yang berjalan berbarengan di satu jaringan local.
Masalah ID Server / SN Tidak Sesuai dengan data Server
Penyebab:- Sekolah memasukkan beberapa id server di dalam 1 server sehingga menyebabkan terdapat 2 atau lebih serial number yang sama.
- Setelah berhasil sinkronisasi, sekolah mengganti server/ melakukan instalasi OS / mengganti motherboard / menjalankan exambrowser admin yang berbeda versi dari sebelumnya.
- Sekolah meminta unlock id server yang ke tim provinsi / tim pusat.
- Permintaan unlock dari sekolah dibatasi.
* Masalah CBTSyng Tidak Terkoneksi Ke Server Pusat
Penyebab:
- Server pusat sedang di tutup
- Waktu GMT yang tidak sesuai dengan waktu local
- VM tidak mendapatkan IP 192.168.0.200
- Penulisan ID Server salah
- Menunggu sampai waktu pembukaan server pusat.
- Cek kembali waktu GMT setempat, pastikan sudah +7 +8 +9.
- Pastikan VM mendapatkan IP 192.168.0.200
- Salah dalam penulisan ID Server, pastikan tidak ada spasi di depan dan belakang
* Masalah Maaf, anda tidak memiliki akses singkron
Penyebab:Akses sinkronisasi sekolah ditutup. Dikarenakan sekolah sudah pernah melakukan sinkronisasi sampai data 9 lalu menghapus data.
Penanganan:
Melakukan request untuk membuka akses sinkronisasi ke tim provinsi / tim pusat.
* Masalah Eror Syingkron
Penyebab:
Error saat mengunduh data 5/6
Penanganan 1:
- Klik OK, lalu tutup exambrowser admin
- Tunggu 30-60 detik setelah exambrowser admin ditutup.
- Running exambrowser admin
- Masukan ID Server lalu submit, pastikan status menjadi aktif
- Masuk ke menu status download, lalu klik refresh status dan tutup pop up refresh status
- Klik Start Sync untuk melanjutkan proses sinkronisasi.
Penanganan 2:
- Matikan Virtual Machine melalui exambrowser admin.
- Masuk ke menu setting -> System lalu tab processor.
- Tambahkan CPU minimal 2
Penanganan 3:
Jika saat sinkronisasi pada data 5 selalu 0 setelah diulangi beberapa kali maka sekolah melakukan :
Cek bahwa akses ftp tidak ditutup oleh provider sekolah, jika ditutup maka proktor melakukan setting agar akses ftp dibuka
Masalah Ststus Tes Belum Mulai
Penyebab- Daftar tes yang diaktifkan tidak sesuai dengan jadwal.
- Hanya memilih daftar tes, tetapi tidak klik tombol simpan.
- Cek web UNBK untuk melihat jadwal daftar tes yang sesuai.
- Pilih daftar tes sesuai dengan jadwal yang ada di web UNBK
- Klik tombol Simpan lalu klik OK.
- Klik menu Logout yang ada pada halaman sebelah kanan
- Klik submit untuk login kembali
- Klik menu Status tes
- Lalu klik Rilis Token
* Masalah "Tidak Bisa Mengubah data Tes"
Penyebab:
Terdapat siswa yang sedang login sehingga tidak dapat mengganti daftar tes
Penanganan:
- Masuk ke menu reset login, reset login semua siswa
- Setelah semua siswa tereset, masuk ke menu status tes kembali
- Pada kolom daftar tes klik tombol Simpan Semua
* Masalah Upload Hasil Eror
Penyebab :Proktor melakukan pemilihan manual untuk melakukan upload
Penanganan
- Sekolah memilih tombol “Pilih Peserta” dan akan secara otomatis memilih seluruh siswa.
- Klik tombol Upload
Masalah Tidak di Temukan data Terupload
Penyebab :
Salah memilih waktu mulai dan waktu akhir sehingga tidak ditemukan data yang sudah terupload
* Masalah Muncul Eror 500
Penyebab :- Melakukan patching manual
- VHD telah mengalami mati paksa
- Mengganti VHD dengan yang masih fresh
* Masalah Muncul Severti Gambar di Bawah Ini
Permasalahan : Muncul error seperti gambar di atas.Penanganan :
- Klik “disini” untuk me-refresh, jika masih error lakukan langkah kedua
- Restart CBTSync Admin dan tunggu 2 menit
- Jika cara 1 dan 2 masih error, restart VM
- Klik Akses CBT tools, lalu masuk ke tab “Services” dan klik “Start&Stop Services” sehingga status menjadi Running Lalu restart CBTSync
- Jika cara 4 masih gagal, maka klik tab “SQL Services Restart” klik “Start SQL Service” sehingga status menjadi Running lalu restart CBTSync
- Jika cara 1,2,3,4 dan 5 masih error maka harus ganti VHD
Belum ada Komentar untuk "Permasalahan dan Solusi UNBK Puspendik – Balitbang Kemendikbud 2018"
Posting Komentar
Berikanlah Komentar Buat Kami yang Terbaik, Jangan Lupa Bantu Kami Sher Artikel Artikel yang ada di kurikulumpendidikan.net
Terimakasih, Sukses Buat Bapak Ibu Guruku Tercinta