Update Kurikulum Pendidikan Buku Guru dan Siswa Bahasa Indonesian SMP/MTs Kelas VIII

Buku  teks mata  pelajaran  Bahasa  Indonesia  ditulis  dengan  tujuan  agar para siswa memiliki kompetensi berbahasa Indonesia untuk berbagai keperluan  sebagai  kegiatan  sosial.  Kegiatan  yang  dirancang  dalam buku  diharapkan  dapat  membantu  siswa mengembangkan  kompetensi  berbahasa yang dibutuhkan dalam kehidupan yang sesungguhnya.

Update Kurikulum Pendidikan Buku Guru dan Siswa Bahasa Indonesian SMP/MTs Kelas VIII

Konsep  utama  pengembangan  buku  teks  adalah  berbasis-genre.  Genre dimaknai sebagai kegiatan sosial yang memiliki jenis yang berbeda sesuai dengan tujuan kegiatan sosial dan tujuan komunikatifnya. Masing-masing  jenis  genre  memiliki  kekhasan  cara  pengungkapan  (struktur  retorika  teks)  dan  kekhasan  unsur  kebahasaan.  Inilah  cara  pandang  baru  tentang  bahasa.  Jika  Kurikulum  2006  menekankan  pendekatan  komunikatif,  Kurikulum  2013  justru  menajamkan  efek  komunikasi  dan  dampak fungsi sosialnya. Pada Kurikulum 2006 siswa diajarkan menulis surat  dengan  format  standar  yang  tidak  menekankan  isi  surat.  

Pada Kurikulum 2013, surat yang ditulis siswa harus berdampak sosial, seperti mampu  menunjukkan  kepribadian  dalam  surat  lamaran  kerja  dan  atau  surat untuk meyakinkan orang lain. Bahasa dan isi menjadi dua hal yang saling  menunjang.  Ini  sejalan  dengan  perkembangan  teori  pengajaran  bahasa di Eropa dan Amerika, yaitu Content Language Integrated Learning (CLIL).
CLIL  menonjolkan  empat  unsur  penting  sebagai  penajaman  pengertian kompetensi berbahasa, yaitu isi (content), bahasa/komunikasi (communication), kognisi (cognition), dan budaya (culture). 

Setiap bab dalam buku ini dikembangkan dengan mengacu kepada  konsep  teoretik  yang  mendasari  Kurikulum  2013,  yaitu  pembelajaran  berbasis genre dan CLIL (content language integrated learning). Silabus buku  teks  dikembangkan  berdasarkan  pengembangan  silabus  berbasis  genre dan pedagogi genre. Setiap bab buku teks ini mencakup tiga hal, yaitu penjelasan tentang teks (tujuan, struktur retorika, kebahasaan) dan lokasi sosial, model teks dan telaah model teks, serta latihan dan tugas, termasuk tugas pengembangan kompetensi. 

Buku teks Bahasa Indonesia terdiri atas Buku Guru dan Buku Siswa. Buku Siswa berisi penjabaran Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI dan KD) untuk dipelajari siswa. Buku Guru berisi panduan pembelajaran bahasa Indonesia secara umum dan teknik menggunakan buku siswa.

Belum ada Komentar untuk "Update Kurikulum Pendidikan Buku Guru dan Siswa Bahasa Indonesian SMP/MTs Kelas VIII"

Posting Komentar

Berikanlah Komentar Buat Kami yang Terbaik, Jangan Lupa Bantu Kami Sher Artikel Artikel yang ada di kurikulumpendidikan.net
Terimakasih, Sukses Buat Bapak Ibu Guruku Tercinta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel