RPP Kurikulum Pendidikan 2013 Mata Pelajaran Biologi SMA
6/28/2018
Tambah Komentar
Kompetensi Inti
- Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
- Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
- Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
- Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi sel, jaringan, organ penyusun sistem dan bioproses yang terjadi pada makhluk hidup.
- Indikator 1.1.1: Mengagumi bahwa jaringan tumbuhan dan jaringan hewan sebagai wujud ciptaan Tuhan.
1.2. Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses
- Indikator 1.2.1: Mengagumi pola pikir ilmiah dalam pengamatan struktur dan fungsi jaringan dan organ tumbuhan.
1.3. Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manifestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya
- Indikator 1.3.1: Peduli terhadap lingkungan saat melakukan pengamatan sebagai wujud pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1. Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan percobaan di dalamlaboratorium maupun diluar kelas/laboratorium.
- Indikator 2.1.1: Melakukan kegiatan pengamatan secara teliti, tekun, disiplin, dan bertanggung jawab.
2.2. Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar.
- Indikator 2.2.1: Menunjukkan sikap peduli terhadap keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan di laboratorium dan lingkungan sekitar.
3.3. Menerapkan konsep tentang keterkaitan hubungan antara struktur sel pada jaringan tumbuhan dengan fungsi organ pada tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan.
- Indikator 3.3.1: Menjelaskan struktur dan fungsi sel penyusun jaringan tumbuhan
- Indikator 3.3.1: Menjelaskan jenis-jenis jaringan pada tumbuhan
- Indikator 3.3.2: Menjelaskan sifat totipotensi dikaitkan dengan dasar kultur jaringan
- Indikator 3.3.3: Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan penyusun organ pada tumbuhan
4.3. Menyajikan data tentang struktur anatomi jaringan pada tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan untuk menunjukkan pemahaman hubungan antara struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan terhadap bioproses yang berlangsung pada tumbuhan.
- Indikator 4.3.1: Melakukan pengamatan mikroskopis berbagai jaringan pada tumbuhan
- Indikator 4.3.2: Membuat data hasil pengamatan mikroskopis berbagai jaringan tumbuhan
- Indikator 4.3.3: Mengkomunikasikan hasil pengamatan mikroskopis berbagai jaringan tumbuhan
Tujuan Pembelajaran
Setelah siswa melakukan diskusi, studi literatur, presentasi, tanya jawab dan melakukan pengamatan terhadap jaringan tumbuhan, siswa dapat:
Pertemuan Pertama:
Pertemuan Pertama:
- Menunjukkan sikap menghayati keteraturan dan kompleksitas struktur sel, jaringan, organ penyusun sistem organisme sebagai wujud kebesaran Tuhan dengan melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai warga kelas.
- Menunjukkan sikap ilmiah, teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen , berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam setiap tindakan.
- Mengidentifikasi jenis-jenis jaringan pada tumbuhan dari pengamatan gambar
- Menjelaskan perbedaan jaringan meristem dan jaringan dewasa melalui kajian pustaka.
- Menjelaskan macam-macam jaringan meristem pada tumbuhan beserta contohnya melalui kajian pustaka.
- Menjelaskan macam-macam jaringan dewasa pada tumbuhan beserta contohnya melalui kajian pustaka.
Free RPP Kurikulum Pendidikan 2013 Mata Pelajaran Biologi SMA
- RPP SMA_Protista
- RPP 3 Jar Hewan
- RPP 4 Gerak
- RPP 5 Sirkulasi
- RPP Animalia
- RPP Bakteri
- RPP Endositosis dan Eksositosis
- RPP Fungi
- RPP Keanekaragaman Tingkat Gen dan Jenis
- RPP Klasifikasi Mahluk Hidup (2,8,19)
- RPP Monera 2013
- RPP Pencernaan
- RPP Perbedaan hewan invertebrate
- RPP Plantae
- RPP Ruang Lingkup Biologi
- RPP Sel 8 Pertemuan
- RPP Sistem Peredaran Darah pada Manusia
- RPP Transpor Membran
- RPP Virus ATM
Belum ada Komentar untuk "RPP Kurikulum Pendidikan 2013 Mata Pelajaran Biologi SMA"
Posting Komentar
Berikanlah Komentar Buat Kami yang Terbaik, Jangan Lupa Bantu Kami Sher Artikel Artikel yang ada di kurikulumpendidikan.net
Terimakasih, Sukses Buat Bapak Ibu Guruku Tercinta