Perangkat Administrasi Guru Kelas 10 Bahasa Inggris Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018
6/30/2018
2 Komentar
Kurikulum merupakan salah satu unsur yang memberikan kontribusi dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu membentuk manusia Indonesia yang seutuhnya. Kurikulum Pendidikan 2013 dimutakirkan berlandaskan pada keahlian dan ditikberatkan pada terlaksananya proses pembelajaran yang berkualitas sehingga dapat memfasilitasi tumbuh kembangnya potensi siswa dengan optimal.
Dengan kata lain, Kurikulum 2013 berfungsi sebagai instrumen untuk mengarahkan siswa menjadi: (1) manusis berkualitas yang mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah; (2) manusis terdidik yang bertakwa Allah, berakhlak mulia, sehat, berilmu, lincah, kreatif, mandiri; dan (3) warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab. Secara lebih terperinci, Kurikulum Pendidikan 2013 dirumuskan dengan karakteristik dengantujuan sebagai berikut: mengembangkan keseimbangan antara kompetensi spiritual, sikap, pengetahuan, dan keterampilan agar siswa dapat menerapkannya dalam berbagai situasi baik di sekolah maupun di masyarakat; memberi waktu yang leluasa untuk mengembangkan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan; mengembangkan kompetensi inti yang menjadi unsur pengorganisasi kompetensi dasar; mengembangkan kompetensi dasar dengan menggunakan prinsip akumulatif, saling memperkuat, dan saling memperkaya antar-mata pelajaran dan jenjang pendidikan.
Dengan memperhatikan hal tersebut di atas, secara umum kompetensi bahasa Inggris untuk jenjang SMA adalah kemampuan berkomunikasi dalam tiga jenis wacana, yaitu interaksional (interpersonal dan transaksional), teks fungsional pendek, dan esei panjang, baik secara lisan maupun tulis. Kompetensi tersebut diwujudkan dalam tataran literasi tingkat informatif, yaitu kemampuan memanfaatkan bahasa Inggris dalam rangka mencari informasi, dalam konteks kehidupan personal, sosial budaya, akademik, dan profesi, dengan struktur yang berterima secara koheren dan kohesif serta unsur-unsur kebahasaan secara tepat.
Secara khusus, ruang lingkup kompetensi bahasa Inggris untuk jenjang SMA ditetapkan berdasarkan aspek-aspek komunikatif berikut.
- Kompetensi komunikatif untuk melaksanakan fungsi sosial yang bermanfaat bagi hidupnya saat ini sebagai siswa, sebagai anggota keluarga, dan anggota masyarakat, dengan menggunakan teks yang dicapai.
- Konteks komunikasi mencakup hubungan fungsional dengan guru, teman, dan orang lain di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat, tentang berbagai topik yang terkait dengan kehidupan remaja dan semua mata pelajaran dalam kurikulum sekolah menengah, secara lisan dan tulis, dengan maupun tanpa menggunakan media elektronik.
- Kompetensi komunikatif dalam wacana interpersonal bertujuan menjalin dan menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain di dalam dan di luar sekolah; kompetensi komunikatif urut dan runtut, serta unsur kebahasaan yang sesuai dengan konteks dan tujuan yang hendak dalam wacana transaksional bertujuan untuk mencapai tujuan tertentu; Kompetensi komunikatif dalam wacana fungsional bertujuan mengembangkan potensi sosial dan akademik siswa dengan menggunakan berbagai jenis teks seperti yang diamanhkan dalam Standar Isi.
- Nilai-nilai sosiokultural, sebagai wahana untuk penanaman nilai karakter bangsa.
- Tindakan dan strategi komunikatif, sebagai wahana untuk menguasai keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, menulis, menonton, secara strategis sesuai konteks dan tujuan yang hendak dicapai.
- Unsur kebahasaan, sebagai tempat untuk memakai bahasa Inggris secara temat dan diterima, yang meliputi, kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan kerapian tulisan tangan.
Free Perangkat Administrasi Guru Kelas 10 Bahasa Inggris Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018
BUKU KERJA 1
- Cover
- Silabus
- Penetapan Indikator Pencapaian Kompetensi
- Analisis Keterkaitan KI dan KD dengan IPK dan Materi Pembelajaran
- Analisis Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
- Pemetaan Kompetensi dan Teknik Penilaian
- NEW FORMAT KKM EXCEL
- Analisis Alokasi Waktu 2017-2018
- Analisis Kompetensi
- RPP 1
- RPP 2
- RPP 3
- RPP 4
- RPP 5
- RPP 6
- RPP 7
- RPP 8
- RPP 9
BUKU KERJA 2
- Kode Etik, 2. Ikrar Guru, 3. Tata Tertib Guru, 4. Alokasi Waktu, 5. Pembiasaan Guru
- Jurnal Guru Mengajar
- Kalender Pendidikan 2017-2018
- Program Tahunan
- Program Semester 2017-2018
BUKU GURU DAN BUKU SISWA
Mohon rpp bhs indonesia yg belum direvisi
BalasHapusSudah ada pak silahkan cek di web ini
Hapus